.

Senin, 29 April 2013

Konsep Wirausaha yang Sukses

Berikut ini adalah pemaparan mengenai konsep 10 D tersebut.
1. Wirausahawan yang Sukses - Dreams (Mempunyai Mimpi)

Seorang wirausahawan yang sukses akan selalu mempunyai mimpi. Mimpi yang akan dia wujudkan (make your dreams come true). Visinya jelas terhadap masa depan bisnis yang sedang dijalani. Ia ingin bisnisnya maju dan berkembang, sukses dan memberikan manfaat yang besar baik bagi dirinya maupun karyawan dan orang lain.
2. Wirausahawan yang Sukses - Deciveness (Cepat Mengambil Keputusan)

Seorang wirausahawan yang sukses harus cepat dalam mengambil keputusan. Ia tidak boleh lamban apalagi plin-plan. Keputusannya harus akurat dan penuh perhitungan. Karakter wirausahawan yang sukses selalu punya ciri khas ketegasan dalam memutuskan sesuatu.

Apakah ia akan menyepakati kerja sama atau tidak? Apakah ia akan menjual atau tidak? Jika keputusan terlalu lamban, akan menimbulkan dampak yang besar terhadap pelanggan dan kemajuan bisnisnya.
3. Wirausahawan yang Sukses - Doers (Tindakan Nyata)

Seorang wirausahawan yang sukses selalu punya action/tindakan nyata. Ia tidak mau menunda-nunda kesempatan atau peluang usaha yang ada. Ide-ide yang keluar dari pikiran segera diwujudkan dalam tindakan yang cepat dan terukur. Wirausahawan yang sukses bukanlah orang yang NATO (Not Action Talk Only).
4. Wirausahawan yang Sukses - Determination (Tekad yang Kuat)

Wirausahawan yang sukses selalu punya tekad yang kuat. Ia menjalani usahanya dengan penuh perhatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Ia tidak akan mudah menyerah meski banyak tantangan dan rintangan yang menghadang.
5. Wirausahawan yang Sukses - Dedication (Dedikasi yang Tinggi)

Seorang wirausahawan yang sukses tidak mengenal istilah kerja sampingan. Jika berbisnis, ia akan memusatkan perhatin sepenuh hati kepada bisnis yang dijalaninya. Ia tidak mengenal lelah dan mengeluh dalam pekerjaannya. Jiwa dan raganya ia fokuskan terhadap semua pekerjaan di dalam usahanya.
6. Wirausahawan yang Sukses - Devotion (Mencintai Pekerjaannya)

Orang bekerja dengan dasar cinta, tentu akan menghasilkan pekerjaan yang optimal. Karena itu seorang wirausahawan yang sukses harus bisa mencintai bisnis yang sedang dijalaninya. Agar bisa mencintai pekerjaan di dalam bisnisnya, seorang wirausahawan yang sukses harus bisa mengenali seluk beluk usahanya. Ia mengenal betul produk yang dihasilkan dan tahu betul mengenai kondisi pasar.
7. Wirausahawan yang Sukses - Detail (Perhatian Dengan Rinci)

Segala faktor yang mempengaruhi kemajuan usaha harus diperhatikan secara detail atau rinci. Seorang wirausahawan yang sukses tidak boleh kecolongan. Ia harus tahu sekecil apapun faktor penghambat kemajuan bisnisnya. Kemudian faktor tersebut segera diatasi. Apakah itu faktor kurangnya modal, faktor pegawai, pemasaran, dan lain-lain.
8. Wirausahawan yang Sukses - Destiny (Tujuan yang Pasti)

Orang yang tidak punya tujuan biasanya akan bergantung pada orang lain. Ia akan menjadi pengekor bagi orang yang punya tujuan jelas. Seorang wirausahawan yang sukses tidak boleh bergantung kepada orang lain. Ia harus punya rasa keyakinan dan percaya diri yang kuat. Anda harus menentukan sendiri mau dibawa ke mana usaha Anda.
9. Wirausahawan yang Sukses - Dollars (Tidak Mengutamakan Uang/Kekayaan)

Sangat wajar jika pengusaha mengejar keuntungan yang bisa membuatnya kaya. Namun seorang pengusaha jangan sampai terjebak pada motivasi ini. Ukuran kesuksesn bagi seorang pengusaha bukan pada berapa besar keuntungan uang yang didapatkan. Tapi seorang pengusaha yang sukses lebih memperhatikan bagaimana kelangsungan hidup bisnis yang sedang dijalani.
10. Wirausahawan yang Sukses - Distribute (Salurkan Ilmu Anda)

Tentu Anda ingat dengan pepatah yang mengatakan kalau orang sukses adalah yang bisa membuat orang sekitarnya juga sukses. Anda belum dikatakan sukses jika belum bisa membuat orang lain sukses. Anda harus bisa menyalurkan ilmu dan pengalaman yang telah Anda dapatkan kepada orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2014 Tips Mudah Google | Powered by Powered by Blogger | RSS