.

Rabu, 04 September 2013

Trik Tips Penting Sebelum Membeli iphone Bekas

Berikut ada 7 tips penting sebelum membeli iphone bekas atau second, tips ini sangat diperlukan silahkan simak dengan baik dan ketika membeli jangan lupa praktekan.

Trik Tips Penting Sebelum Membeli iphone Bekas


1. Pastikan Harga Sesuai Pasaran
iPhone yang masih dalam masa garansi biasanya harganya lebih tinggi daripada iPhone yang sudah habis masa garansinya. Pastikan harga yang ditawarkan kepada Anda cocok atau masuk akal. iPhone yang terlalu murah mungkin saja curian atau barang hilang. Tanyakan, apakah iPhone sudah pernah dibongkar, sebab jika dibongkar maka otomatis garansi hangus. Awas jebakan membeli iPhone palsu, sebab masih ada saja orang yang tertipu, seperti kasus iPhone yang menggukan dual SIM card. 

2. Cek Nomor IMEI atau Serial Number
Setelah Anda mendapatkan ini, Anda bisa mengeceknya untuk memastikan kalau iPhone ini bukan curian/hilang sekaligus untuk mengecek masa garansinya. Anda bisa mengeceknya di situs Apple: Check Your Service and Support Coverage.
 3. iPhone Locked
Apabila iPhone yang akan Anda beli adalah iPhone locked (terikat kontrak dengan operator/non-FU) dan masa garansinya telah habis, Anda bisa meminta kepada operator asalnya untuk melakukan unlocked kepada iPhone yang masih locked ini. 
 4. Tanyakan Identitas Pemilik Asal iPhone yang Akan Dijual
Pastikan kalau orang yang akan Anda beli iPhone nya adalah pemilik asli dari iPhone tersebut. Misalnya, meminta kwitansi pembelian, meminta dus asli, dll. Tidak mudah memang, tapi setidaknya ini memastikan kalau orang tersebut betul-betul menjual iPhone miliknya sendiri.
 5. Cek Dengan SIM/Micro SIM Card Aktif
Bawa sebuah SIM card yang masih aktif. Jika memang iPhone nya FU (factory unlocked) maka seharusnya iPhone nya bisa berfungsi normal pada semua operator. Bawa pula sebuah peniti/jarum atau alat untuk mengeluarkan SIM card dari iPhone. Ini untuk jaga-jaga siapa tau penjualnya tidak membawa/mempunyai alat-alat tersebut.


6. Cek Kondisi iPhone
  • Periksa iPhone, matikan lalu hidupkan kembali. Ini untuk memastikan tombol power/sleep bekerja dengan normal. Masukkan SIM card yang Anda bawa (pastikan ukurannya pas dengan iPhone 4/4S).
  • Telepon seseorang, bicara lah dengannya, jangan cuma miss call. Setelah itu suruh orang tersebut untuk menelepon Anda kembali. Rekam suara Anda sendiri. Ini untuk memastikan speaker dan mic nya bekerja dengan baik. 
  • Tap sebuah ikon aplikasi pada homescreen dan geser-geser dengan jari Anda. Pastikan kalau ikonnya berpindah dengan normal dan halus. Ini untuk mengetes digitizer pada layar touchscreen iPhone. 
  • Ambil sebuah gambar dan video dengan kamera. 
  • Sambungkan headphone ke iPhone dan dengar sebuah lagu. Pastikan suara masih bisa terdengar jernih melalui headphone. Telepon orang lain dan dengar suaranya dari headphone tersebut. 
  • Ubah-ubah mode silent dan getar melalui tombol yang berada pada sisi samping iPhone.
  • Nyalakan WiFi dan carilah hotspot disekitar Anda. Kalau ada yang gratisan, cobalah untuk masuk ke jaringan tersebut dan browsing selama beberapa menit untuk menguji kualitas WiFi dari iPhone. Jika Anda sempat membawa laptop, cobalah untuk menghubungkan iPhone dengan kabel data.
7. Jangan terburu-buru 
Jangan terburu-buru mengambil keputusan dengan menetapkan harga yang Anda tawar. Santai saja cek terus kondisi iphone. Jikapun Anda menawar harga, tawar dengan harga yang lebih rendah jika harga lebih rendah dari pasaran mungkin ada sesuatu hal lain yang mengakibatkan harganya jauh lebih rendah. Jadi harus benar-benar teliti untuk membeli barang bekas.

Lihat smartphone baru dari perusahaan ASUS yaitu ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2014 Tips Mudah Google | Powered by Powered by Blogger | RSS