Senin, 29 April 2013

Peran Teknologi Informasi

Peranan teknologi informasi saat ini, sepertinya sudah sangat melekat dalam kehidupan manusia. Mulai dari berinteraksi, membaca berita, transaksi, dan lain-lain. Bahkan, teknologi informasi menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis.

Selain itu, teknologi informasi juga memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen suatu organisasi.
Kemajuan teknologi informasi membuat para pengusaha berani investasi tinggi dalam bidang teknologi informasi, alasan yang paling umum adalah adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif, mengurangi biaya, serta meningkatkan fleksibilitas.

Dengan adanya teknologi informasi, berbagai kemudahan bisa dirasakan oleh manusia. Contohnya saja dalam pengambilan uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Selain itu, Anda bisa melakukan transaksi lewat internet yang dkenal dengan e-commerce (perdagangan elektronik).

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi membuat transformasi pembelajaran ilmu pengetahuan menjadi lebih cepat dan mudah. Teknologi informasi bisa mengubah perekonomian desa menjadi lebih baik lagi dalam sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran teknologi membawa banyak pengaruh dalam kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, keamanan, dan lain-lain. Jadi, kehadiran teknologi informasi dalam kehidupan manusia menjadikan teknologi informasi memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia.

Secara garis besar bahwa peranan teknologi informasi adalah sebagai berikut.
  1. Teknologi informasi menggantikan peran manusia, yaitu mengotomatisasi suatu proses atau tugas manusia.
  2. Teknologi memperkuat peran manusia, yaitu dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
  3. Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia dalam melakukan perubahan-perubahan tugas maupun proses.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2014 - 2018 Tips Mudah Google | Powered by Powered by Google Blogger | RSS
Aplikasi Kasir Online Omegasoft